ENKODER

ENKODER
8 input to 3 output

Pengertian

Encoder adalah rangkaian logika yang mempunyai sejumlah saluran masukan,hanya satu yang diaktifkan pada satu saat dan menghasilkan N-bit kode keluaran yang tergantung pada masukan yang diaktifkan, pengertian aktif bisa rendah (0) atau tinggi(1). Jadi jika salah satu masukan aktifnya 1, maka keluaran lainnya adalah 0; dan sebaliknya. Encoder dengan M masukan dan N keluaran (M≤2n), dengan masukan aktif tinggi (normalnya rendah). Tiap saluran masukannya yang diaktifkan akan menghasilkan satu kemungkinan keluaran.

Cara Kerja Enkoder

Encoder yang mempunyai  8 saluran masukan (I0 – I7) ke 3 keluaran A0, A1, A2 adalah IC 74148 (N = 3 dan M = 23, atau dari oktal ke biner) dengan 1 masukan Enable (EI) dan 1 keluaran Enable (EO) aktif rendah untuk bertingkat (cascade), serta 1 keluaran pemilih gate (Gate Select) aktif rendah untuk pengembangan.

Diagram Enkoder
Picture1
Tabel Kebenaran
Picture2

Keterangan : EI= Enable Input; EO= Enable Output; GS= Gate Select; L = Logika 0; H = Logika 1; X = ambang

Diagram Fungsional Encoder 74LS148

Picture3

Keterangan : EI= Enable Input; EO= Enable Output; GS= Gate Select; L = Logika 0; H = Logika 1; X = sembarang (don’t care)

Rangkaian Logika Enkoder

Picture4

Datasheet IC 74148

Picture5

Picture6

Picture8 Picture7

 

Aplikasi Rangkaian Enkoder

Beberapa aplikasi ENKODER yang umum biasanya di pakai pada kehidupan sehari-hari adalah :
1. Priority Interrupt Selector dan

2. Keyboard Encoding.

Priority Interrupt Selector

Banyaknya I/O devices yang memerlukan bantuan CPU untuk berkomunikasi dan keterbatasan CPU ini yang hanya dapat berkomunikasi dengan I/O devices tersebut satu persatu, sebuah Priority ENCODER diperlukan untuk mengontrol komunikasi ini sehingga semua I/O devices ini dapat dilayani satu persatu.

Gambar Rangkaian Priority Interrupt

Picture9

Di dalam desain-desain komputer yang modern, sebuah sinyal yang disebut Interrupt digunakan oleh masing-masing device untuk memberitahukan CPU bahwa ia mau berkomunikasi dengannya. Kemudian sebuah priority ENCODER digunakan untuk memberitahukan kepada CPU siapa pengirirn sinyal interrupt itu.
Keyboard Encoding Kalkulator

Kalkulator biasanya mempunyai keyboard yang berisi tombol-tombol untuk angka 0 sampai 9 dan tombol-tombol fungsi seperti x, –, +, C; dan lain-lain. Bagaimanakah sistem digital yang tentunya terdapat di dalam kalkulator tersebut dapat membedakan tombol yang mana yang ditekan sehingga sistem itu dapat menentukan operasi apa yang harus dilakukan. Untuk itulah sebuah ENKODER diperlukan untuk menghubungkan keyboard ini ke sistem digitalnya.

Gambar Rancangan keyboard encoding kalkulator
Picture10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s