Pemuda Berkarya Melalui Lomba Robot

A. Karya Pemuda yang Sedang Berkembang

          Pemuda merupakan komponen penting penentu dari kemajuan suatu bangsa. Karena pemuda merupakan generasi penerus dari generasi sebelumnya yang tergantikan. Sehingga jika pemuda suatu bangsa tidak mempunyai persiapan, maka generasi berikutnya akan mengalami kemunduran. Perlu untuk dilakukan persiapan untuk menunjang kesiapan dari generasi kepemudaan untuk menjadi generasi penerus bangsa.

          Pemuda banyak menghasilkan karya yang bermanfaat bagi kehidupan. Contohnya saja dibidang seni, ilmiah, olahraga, engineering, dll. Banyak pemuda yang karyanya mendapat penghargaan oleh luar negeri.

          Pada tahun lalu, robot karya anak bangsa kita berhasil membawa pulang medali emas melalui kontes robot internasional, Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2011. Pada ajang tersebut robot buatan mahasiswa ITB, UGM, dan UNIKOM Bandung ini berhasil menyabet juara satu, dua, dan tiga pada kategori yang berbeda. Robot anak bangsa ini berhasil mengungguli robot-robot dari negara lain.

          Selain prestasi diatas, masih ada banyak lagi prestasi anak bangsa kita dibidang robotika. Tengok saja pada Politeknik yang terkenal dengan juara KRI secara berturut-turut, yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Para mahasiswa PENS telah berhasil menorehkan prestasi dengan menjuarai Kontes Robot Indonesia (KRI) sebanyak dua belas kali berturut-turut sejak pertama kali kontes robot tersebut diadakan. Bahkan prestasi tersebut sampai memecahkan rekor muri. PENS menerima penghargaan rekor muri setelah menjuarai KRI sebanyak sebelas kali.

          Dengan demikian, robot merupakan salah satu karya pemuda yang sedang berkembang.

B. Karya Robot Perlu Disalurkan

         Karya robot yang dihasilkan pemuda banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu manfaatnya ialah robot bisa mempermudah pekerjaan manusia, adanya robot waitrees. Selain itu ada robot terbang yang dibuat oleh PENS, yang bermanfaat sebagai kamera yang dapat memfoto dari atas.

         Maka dari itu karya robot sangat penting untuk disalurkan. Agar bakat pemuda tidak punah. Karena pemuda adalah calon penerus bangsa. Serta karya robot sangat bermanfaat dan karya robot dapat membawa Indonesia ke luar negeri.

C. Tempat Pemuda Bisa Menyalurkan Karya Robot

          Pemuda harapan bangsa. Ucapan yang layak diterima oleh kalangan masyarakat sekaligus ajungan jempol sebagai lambang keperkasaan pemuda serta karya-karyanya yang membawa manfaat di kehidupan. Dalam suatu kelompok masyarakat, ada banyak pemuda dan sebagian besar pemudanya memiliki kemampuan kreatifitas dan keahlian dalam membuat, tapi sayangnya mereka sering tidak tahu harus dikemanakan kemampuan mereka. Dari sinilah komunitas robot mulai ada.

          Komunitas robot di Indonesia muncul di kampus, terutama kampus yang terdapat jurusan teknik elektro. Kampus yang tidak ada jurusan teknik elektronya pun mungkin ada, tetapi masih sedikit yang berminat, karena hanya yang berminat saja dan menyesuaikan dengan bidang yang telah diambil.

          Komunitas robot telah melakukan banyak kegiatan. Komunitas robot juga memberikan informasi tentang robot kepada masyarakat. Komunitas robot tersebar pula di Internet. Jadi pemuda bisa gabung di mana saja serta kapan saja.

          Pada awalnya komunitas robot timbul dari beberapa pemikiran pemuda yang berinisiatif untuk mengembangkan robot lebih lanjut. Serta ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa adanya robot bisa memudahkan pekerjaan yang sulit.

           Maka dari pemuda yang mempunyai bakat dan minat dalam dunia robot diharapakan bergabung dalam komunitas robot. Agar pemuda bisa berkembang dan mendalami kemampuan membuat robot.

D. Lomba Robot Diadakan

          Banyak sekali lomba robot yang telah diselenggarakan. Di sini yang akan dijelaskan adalah KRI. KRI atau Kontes Robot Indonesia adalah sebuah kontes Robotika antar Peguruan Tinggi Di Indonesia. Dimana Pemenang dari KRI akan mewakili Indonesia dalam ABU ( Asia-Pacific Broadcasting Union) Robocon yang diadakan setiap tahun dengan lokasi berpindah-pindah dalam negara anggota ABU.

         Untuk setiap perlombaan terdiri dari 2 jenis Robot

• Robot Otomatis
Robot yang sudah diprogram terlebih dulu disesuaikan dengan lapangan robot yang sudah ditentukan berdasarkan Tema. Robot ini akan berusaha mengambil point sebanyak mungkin dalam waktu secepat mungkin.

• Robot Manual
Robot Manual ialah Robot yang dikendalikan oleh seorang operator untuk mengambil point-point yang tidak bisa dicapai oleh robot otomatis

         Pola Lapangan disesuaikan dengan tema. Untuk ketentuan Lapangan KRI mengikuti spesifikasi ABU Robocon dari segi ukuran, bahan, warna, dan seluruh aspek lapangan untuk lomba. Pada tahun 2002 sampai dengan 2008 lapangan dibagi menjadi 2 area iaitu untuk area otomatis dan untuk area manual. Namun untuk aturan pada Robocon 2009 antara robot Manual dan Robot Otomatis Harus Bekerja sama dan lapangan tidak dibagi berdasarkan jenis robot.

          Sebelum th 2008 pelaksanaan KRI hanya dipusatkan pada suatu tempat saja dengan satu kali lomba. Dimulai KRI 2008 diberlakukan sistem regional.
• Regional I meliputi Tim dari kawasan Sumatera, Batam dan Bangka
• Regional II meliputi Tim dari kawasan Jakarta dan Jawa Barat
• Regional III meliputi Tim dari kawasan Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Kalimantan
• Regional IV meliputi Tim dari kawasan Jawa Timur, Sulawesi, NTT dan Indonesia Timur.

          Pemenang dari masing-masing regional akan bertanding kembali di tingkat Nasional yang pada KRI 2008 diadakan di Universitas Indonesia.

           Untuk Tahun 2009 temanya adalah Robot Penabuh Beduk diselaraskan dengan tema ABU Robocn 2009 di Tokyo Travel Together to The Victory Drums.

E. Penyelenggara Lomba Robot

          Lomba robot diadakan bertujuan untuk menyalurkan karya pemuda yang telah dibuat. Penyelenggara lomba robot bisa dari komunitas. Adapula universitas yang mengadakan lomba tersebut. Biasanya dari HMJ teknik elektro.

DAFTAR RUJUKAN

Khoswanto, Handry. 2010. Komunitas Robot Indonesia, (Online), (http://komunitas-robot.blogspot.com/), diakses tanggal 7 Desember 2012.
_____. 2012. IYMC, (Online), (http://imss2012.com/main-event/one-man-show/), diakses tanggal 7 Desember 2012.
Anugrah. _____. Robot Karya Anak Bangsa, (Online), (http://www.anugrahsblog.com/2012/05/robot-karya-anak-bangsa.html), diakses tanggal 7 Desember 2012.
_____. _____. Tercipta Robot Indonesia UI Robotics Team Berkarya, (Online), (http://qiqieseghnia.wordpress.com/komunitas/tercipta-robot-indonesia-ui-robotics-team-berkarya/), diakses tanggal 7 Desember 2012.

One thought on “Pemuda Berkarya Melalui Lomba Robot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s