Kompetensi Belajar Siswa

Kompetensi Belajar

Menurut Suparno, kata kompetensi biasanya diartikan sebagai kecakapan yang memadai untuk melakukan suatu tugas atau sebagai memiliki keterampilan dan kecakapan yang disyaratkan. Sedangkan menurut Johnson, memandang kompetensi sebagai perbuatan yang rasional secara memuaskan memenuhi tujuan dalam kondisi yang diinginkan.

Gagne berpendapat belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Sedangkan menurut Suyono dan Hariyanto, belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap, dan mengokohkan kepribadian.

Dari pengertian kompetensi dan belajar maka dapat disimpulkan kompetensi belajar adalah kemampuan yang dimiliki dan ditunjukkan siswa yang mencakup pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak sebagai hasil belajar.

Kompetensi belajar yang dicapai oleh siswa sangat erat kaitannya dengan rumusan tujuan instruksional yang direncanakan guru sebelumnya. Untuk itu guru dituntut menguasai taksonomi kompetensi belajar yang selama ini dijadikan pedoman dalam perumusan berhasilnya pendidikan dalam bentuk tingkah laku. Usman, menyatakan taksonomi pada umumnya dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu: (1) domain kognitif, mencakup tujuan yang berhubungan dengan ingatan, pengetahuan, dan kemampuan intelektual, (2) domain afektif, mencakup tujuan-tujuan yang berhubungan dengan perubahan-perubahan sikap, nilai, perasaan, dan minat, (3) domain psikomotor, mencakup tujuan-tujuan yang berhubungan dengan manipulasi dan kemampuan gerak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s